Kamis, 16 Mei 2013

Menyimpan Data Kelistview

http://mesran.blogspot.com/2013/05/tugas-ti-p1104.html


Public Class Form1

Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load

        nik.Items.Add("001")
        nik.Items.Add("002")
        nik.Items.Add("003")

        jbtn.Items.Add("mandor")
        jbtn.Items.Add("kepala bagian")
        jbtn.Items.Add("staf")

        status.Items.Add("menikah")
        status.Items.Add("tidak menikah")


        BuatTabel()

    End Sub
    Sub BuatTabel()

        lv.Columns.Add("nik", 80, HorizontalAlignment.Center)
        lv.Columns.Add("nama", 80, HorizontalAlignment.Center)
        lv.Columns.Add("jabatan", 80, HorizontalAlignment.Center)
        lv.Columns.Add("gaji", 80, HorizontalAlignment.Center)
        lv.Columns.Add("status", 80, HorizontalAlignment.Center)
        lv.Columns.Add("tunj.keluarga", 80, HorizontalAlignment.Center)
        lv.Columns.Add("pajak", 80, HorizontalAlignment.Center)
        lv.Columns.Add("total gaji", 80, HorizontalAlignment.Center)
        lv.View = View.Details
        lv.GridLines = True
        lv.FullRowSelect = True
    End Sub
    Sub IsiTabel()
        Dim lst As New ListViewItem
        lst.Text = nik.Text
        lst.SubItems.Add(nama.Text)
        lst.SubItems.Add(jbtn.Text)
        lst.SubItems.Add(gaji.Text)
        lst.SubItems.Add(status.Text)
        lst.SubItems.Add(tk.Text)
        lst.SubItems.Add(pajak.Text)
        lst.SubItems.Add(tg.Text)
        lv.Items.Add(lst)



    End Sub


Private Sub jbtn_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles jbtn.SelectedIndexChanged
        Select Case jbtn.Text
            Case "mandor" : gaji.Text = 1750000
            Case "kepala bagian" : gaji.Text = 2500000
            Case "staf" : gaji.Text = 1250000

        End Select
        pajak.Text = 0.15 * gaji.Text
    End Sub

Private Sub nik_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles nik.SelectedIndexChanged

        Select Case nik.Text
            Case "001" : nama.Text = "oncom"
            Case "002" : nama.Text = "udin"
            Case "003" : nama.Text = "ujang"
        End Select

    End Sub

Private Sub status_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles status.SelectedIndexChanged
        Select Case status.Text
            Case "menikah" : tk.Text = 0.15 * gaji.Text
            Case "tidak menikah" : tk.Text = 0

        End Select
    End Sub

Private Sub pro_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles pro.Click
        tg.Text = Val(gaji.Text) + Val(tk.Text) - Val(pajak.Text)

    End Sub

Private Sub bar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles bar.Click
        nik.Text = ""
        nama.Text = ""
        jbtn.Text = ""
        gaji.Text = ""
        status.Text = ""
        tk.Text = ""
        pajak.Text = ""
        tg.Text = ""
    End Sub

Private Sub kel_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles kel.Click
        Close()
    End Sub

Private Sub simpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles simpan.Click
        IsiTabel()
        nik.Text = ""
        nama.Text = ""
        jbtn.Text = ""
        gaji.Text = ""
        status.Text = ""
        tk.Text = ""
        pajak.Text = ""
        tg.Text = ""

    End Sub
End Class

Kamis, 13 September 2012

Pengertian Komunikasi Data

Komunikasi data adalah merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan  dengan  transmisi  atau  pemindahan  data  dan  informasi  diantara  komputer-komputer  dan  piranti-piranti  yang  lain  dalam  bentuk  digital  yang  dikirimkan melalui media  komunikasi  data.  Data  berarti  informasi  yang disajikan  oleh  isyarat  digital. Komunikasi  data  merupakan  baguan  vital  dari  suatu  masyarakat  informasi  karena sistem  ini menyediakan  infrastruktur  yang memungkinkan  komputer-komputer  dapat berkomunikasi satu sama lain.

  • Pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data 
  • Penerima, adalah piranti yang menerima data 
  • Data, adalah informasi yang akan dipindahkan 
  • Media  pengiriman,  adalah  media  atau  saluran  yang  digunakan  untuk mengirimkan data 
  • Protokol,  adalah  aturan-aturan  yang  berfungsi  untuk  menyelaraskan hubungan.
Perbedaan Sinyal / Isyarat Analog Dengan Digital 
  1.  Sinyal Analog
            Sinyal  analog  adalah  sinyal  data  dalam  bentuk  gelombang  yang  yang  kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang.  Dua  parameter/karakteristik  terpenting  yang  dimiliki  oleh  isyarat  analog  adalah amplitude dan frekuensi. Isyarat analog biasanya dinyatakan dengan gelombang sinus, mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua bentuk  isyarat analog. Hal ini didasarkan kenyataan bahwa berdasarkan analisis fourier, suatu sinyal analog dapat diperoleh dari perpaduan sejumlah gelombang sinus. Dengan  menggunakan  sinyal  analog,  maka  jangkauan  transmisi  data  dapat mencapai  jarak yang  jauh,  tetapi sinyal  ini mudah  terpengaruh oleh noise. Gelombang pada sinyal analog yang umumnya berbentuk gelombang sinus memiliki  tiga variable dasar, yaitu amplitudo, frekuensi dan phase.
  • Amplitudo merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog.
  • Frekuensi adalah jumlah gelombang sinyal analog dalam satuan detik.  
  • Phase adalah besar sudut dari sinyal analog pada saat tertentu.
   2.  Sinyal Digital 

        Sinyal  digital merupakan  sinyal  data  dalam  bentuk  pulsa  yang  dapat mengalami perubahan  yang  tiba-tiba  dan  mempunyai  besaran  0  dan  1.  Sinyal  digital  hanya memiliki  dua  keadaan,  yaitu  0  dan  1,  sehingga  tidak mudah  terpengaruh  oleh  derau, tetapi  transmisi  dengan  sinyal  digital  hanya mencapai  jarak  jangkau  pengiriman  data yang relatif dekat. Biasanya sinyal ini juga dikenal dengan sinyal diskret. Sinyal yang mempunyai dua keadaan  ini  biasa  disebut  dengan  bit. Bit merupakan  istilah  khas  pada  sinyal  digital. Sebuah  bit  dapat  berupa  nol  (0)  atau  satu  (1). Kemungkinan  nilai  untuk  sebuah  bit
adalah 2 buah (21). Kemungkinan nilai untuk 2 bit adalah sebanyak 4 (22), berupa 00, 01,  10,  dan  11.  Secara  umum,  jumlah  kemungkinan  nilai  yang  terbentuk  oleh kombinasi n bit adalah sebesar 2n buah.

    3. Protokol

        Protokol  adalah  sebuah  aturan  yang mendefinisikan  beberapa  fungsi  yang  ada  dalam sebuah  jaringan  komputer, misalnya mengirim  pesan,  data,  informasi  dan  fungsi  lain yang  harus  dipenuhi  oleh  sisi  pengirim  dan  sisi  penerima  agar  komunikasi  dapat berlangsung dengan benar, walaupun sistem yang ada dalam jaringan tersebut berbeda sama sekali. Protokol  ini mengurusi perbedaan  format data pada kedua sistem hingga pada masalah koneksi listrik. Standar  protokol  yang  terkenal  yaitu  OSI  (Open  System  Interconnecting)  yang ditentukan oleh ISO (International Standart Organization). 

Fungsi Protokol

        Secara umum fungsi dari protokol adalah untuk menghubungkan sisi pengirim dan sisi penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan  baik  dan  benar.  Sedangkan fungsi  protokol  secara  detail  dapat  dijelaskan berikut:
  • Fragmentasi dan reassembly
Fungsi dari fragmentasi dan reasembly adalah membagi informasi yang dikirim menjadi  beberapa  paket data  pada  saat  sisi  pengirim mengirimkan  informasi dan  setelah  diterima  maka  sisi  penerima  akan  menggabungkan  lagi  menjadi paket informasi yang lengkap.
  • Encaptulation
Fungsi dari encaptulation adalah melengkapi informasi yang dikirimkan dengan address, kode-kode koreksi dan lain-lain.
  • Connection control
Fungsi  dari  Connection  control  adalah  membangun  hubungan  (connection) komunikasi  dari  sisi  pengirim  dan  sisi  penerima,  dimana  dalam membangun hubungan  ini  juga  termasuk  dalam  hal  pengiriman  data  dan  mengakhiri hubungan.
  • Flow control
Berfungsi sebagai pengatur perjalanan datadari sisi pengirim ke sisi penerima.
  • Error control
Dalam  pengiriman  data  tak  lepas  dari  kesalahan,  baik  itu  dalam  proses pengiriman maupun  pada  waktu  data  itu  diterima.  Fungsi  dari  error  control adalah  mengontrol  terjadinya  kesalahan  yang  terjadi  pada  waktu  data dikirimkan.
 
 sumber: http://seorangteknikinformatika.blogspot.com/2010/12/pengertian-komunikasi-data.html

Selasa, 20 Maret 2012

INTERNET


1.Pengertian Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
2. Sejarah internet
Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon ”@” juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network (sumber : APJII). Pada 1979 Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protokol (IP) yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan Domain Name System (DNS). Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih. (Sumber: Kamar Dagang dan Industri Indonesia ,Kadin )
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web. (Sumber : Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, APJII)
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman (Sumber : Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, APJII), dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah, di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0. (pengentar Worl Wide Web dalam jaringan IPTEK oleh Eddy Purwanto) www.wikipedia.com.
3.Manfaat Internet
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai
akses ke internet. Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet yaitu :
1. Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi,rohani, sosial.
2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan,
saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum
komunikasi.

4.Tujuan Internet
1. Meningkatkan kemampuan pemahaman mengenai Internet.
2. ketrampilan dalam melakukan koneksi ke internet.
3. Mengakses informasi ke internet serta memanfaatkan surat elektronik dan chatting
Hal menarik dari keanggotaan internet adalah tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideology, atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran.

5.Fasilitas Internet
Fasilitas-Fasilitas yang dapat Anda manfaatkan dengan menggunakan internet, diantaranya :
- Web.
- Email.
- Newsgroup.
- FTP.

6.Istilah Dalam Internet
Istilah-Istilah Yang Sering Digunakan dalam internet :
- WWW (World Wide Web).
- Web Site (Situs Web).
- Web Pages (Halaman Web).
- Homepage.
- Browser.
7.Unsur-unsur yang harus ada dalam internet
a. Domain Name
b. Hosting
c. Scripts/Bahasa Program
d. Design Web
e. Publikasi

Kepuasan Masyarakat Terhadap Manfaat Internet
Dengan adanya internet semua yang diperlukan manusia yang berakal. Mereka dapat memperoleh berbagai informasi mengenai apa saja yang diperlukan. Baik dalam mencari segala informasi mengenai apapun. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Dengan adanya Perkembangan penggunaan internet sebagai alat komunikasi juga tidak akan lepas dari kondisi sosial budaya yang menjadi latar belakang keperluan manusia dalam berinteraksi. Situs-situs akademis, situs penjualan (online shop), dan situs-situs pertemanan seperti facebook, twitter, friendster juga muncul akibat perubahan sosial budaya. Seiring dengan berjalannya waktu penggunaan internet sebagai alat komunikasi semakin digemari disetiap elemen masyarakat,karena dengan internet kita dapat berkomunikasi dengan cepat dan murah. Kita dapat mengirim e-mail, chatting, video conference dengan pihak lain di dalam dan luar negeri. Hidup semakin dipermudah dengan adanya internet, dengan internet kita juga dapat bertransaksi ekonomi, dengan internet kita dapat menjual berbisnis online, seperti dalam situs kaskus, ataupun dengan menjual barang-barang lewat blog maupun situs pertemanan. Tapi dalam setiap perubahan sosial yang tercermin dalam penggunaan internet perlu dikaji untuk menambah pemahaman tentang dampak positif ataupun negatif mengenai penggunaan internet sebagai alat komunikasi, khususnya pada situs-situs pertemanan seperti facebook, twitter, dan friendster.dengan adanya internet semua yang dibutuhkan untuk mencari berbagai informasi sangatlah mudah.
http://khaliy.blogspot.com/2010/09/konsep-pemahaman-internet.html

PERIFERAL KOMPUTER


MENGENAL KOMPONEN DAN MERANGKAI PERIFERAL KOMPUTER

Komputer adalah sebuah alat elektronik yang terdiri atas tiga bagian system yaitu;
    a) Perangkat keras (hardware)
  CPU dan Komponen Periferal, seperti MonitoKeyboard,Mouse, Printer,    dan Spiker.
    b) Perangkat lunak (software)
Software merupakan program – program yang ada pada computer.
     c) Operator (brainware)
Brianware adalah orang yang menggunakan computer.

Komponen Komputer
Port adalah konektor pada computer yang digunakan untuk menghubungkan CPU computer dengan     periferal. Berikut adalah beberapa jenis port :
  1.  Power Supply digunakan untuk mengalirkan listrik ke power supply di dalam CPU.
  2.  Power monitor digunakan untuk mengalirkan listrik dari power supply ke monitor.
  3.  Parallel port digunakan untuk printer , joystick , scanner, atau periferal lain.
  4.  Serial port digunakan untuk menghubungkan modem eksternal, mouse, keyboard, dan periferal lain.
  5.  USB port digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer, flashdisk, scanner, portable music player.
  6.  PS/2 keyboard port digunakan untuk menghubungkan CPU dengan papan ketik atau keyboard.
  7.  PS/2 mouse port digunakan untuk menghubungkan CPU dengan mouse.
  8.  Audio portyaitu microphone, line in, dan line out, untuk menghubungkan dengan mikrofon dan spiker.
  9.  Network port, untuk menghubungkan konektor RJ45 untuk jaringan computer local.
  10.  Port ekspansi , contohnya adalah port port untuk menghubungkan monitor dengan VGA card.


Adapun bagian-bagian di depan computer adalah:

  1.  drive bays digunakan untuk membaca dan menyimpan data pada CD.
  2. drive bays DVD-ROM/RW digunakan untuk membaca dan menyimpan data pada DVD.
  3.  Front port , menghubungkan flashdisk, mouse, portable music player, PDA, atau peripheral lain dengan mudah.
  4.  drive bays floppy disk digunakan untuk membaca dan meyimpan data dengan disket.
  5.  Tombol power untuk menyalakan computer dan tombol reset untuk restar computer.
  6.  Hard drive LED (lampu indicator), untuk menandakan kegiatan hardisk dan kegiatan pemrosesan data.
 Merangkai komponen peripheral CPU
Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang perangkat peripheral pada port CPU yaitu:
a. Tegangan listrik harus stabil jika tidak harus menggunakan stabilizer.
b. Sekering harus dalam kondisi baik.
c. Pastikan semua kabel terbungkus dengan baik.
d. Pemasangan alat listrik harus rapi, kuat, dan tidak longgar.
setelah memasangkan fasilitas listrik maka pemasangan peripheral pada port CPU dapat dilakukan sebagai berikut:
a. Pemasangan kabel yang terhubung langsung dengan sumber listrik untuk mengubah tegangan listrik agar dapat digunakan oleh computer.
b. Pemasangan kabel monitor dan VGA port untuk menyalakan dan mengaktifkan tampilan layaran monitor.
c. Pemasangan kabel printer ke USB port untuk mengaktifkan percetakan dokumen ke kertas.
d. Pemasangan kabel keyboard dan mouse ke PS/2 port, USB port untuk dapat mengetik dan menggerakan kursor / titik sisip.
e. Pemasangan kabel spiker ke audio port untuk menghasilkan output berupa suara.
f. Pemasangan kabel konektor RJ 45 ke network port untuk menghubungkan computer dengan server jaringan LAN (local) atau pemasangan kabel telepon/TU kabel ke modem untuk menghubungkan computer ke internet.
           Setelah dilakukan pemasangan peripheral ke CPU maka computer siap untuk diaktifkan.

 http://itcommunityland.worldgoo.com/t1-perangkat-periferal-komputer